Bos Garuda: Bisnis Kargo Menyenangkan karena Enggak Perlu Rapid Test

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bos Garuda: Bisnis Kargo Menyenangkan karena Enggak Perlu Rapid Test”, https://money.kompas.com/read/2020/07/24/123400126/bos-garuda-bisnis-kargo-menyenangkan-karena-enggak-perlu-rapid-test.
Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Erlangga Djumena

Direktur Utama Irfan Setiaputra dan Komisaris Utama Garuda Indonesia Triawan Munaf di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020).
Direktur Utama Irfan Setiaputra dan Komisaris Utama Garuda Indonesia Triawan Munaf di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020). (Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMA)

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk lebih fokus menggarap bisnis layanan kargo. Keputusan tersebut diambil sebagai langkah penyesuaian terhadap merosotnya jumlah penumpang selama pandemi Covid-19 merebak. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, bisnis kargo perseroan saat ini tumbuh lebih baik ketimbang sebelum pandemi Covid-19 muncul. Pasalnya, dengan menurunnya permintaan angkutan penumpang, Garuda menjadi lebih fokus untuk mengangkut barang ke berbagai wilayah. “Soal logistik, kita malah kondisinya hari ini makin baik, lebih baik dari sebelum pandemi. Karena selama ini industri penerbangan fokus dengan penumpang,” ujarnya dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (24/7/2020).

Bahkan, Irfan mengaku saat ini senang dengan bisnis layanan kargo. Minimnya peraturan untuk mengangkut barang dibandingkan penumpang menjadi salah satu alasan bagi Irfan senang menjalani bisnis angkut kargo. Ia pun sempat berkelakar, kargo tidak memerlukan persyaratan, seperti kepemilikan dokumen bebas Covid-19, untuk dapat pergi dari satu tempat ke tempat lain. “Ketika pandemi terjadi, kita menemukan bahwa bisnis kargo, bisnis yang menyenangkan, enggak perlu rapid (test) mereka soalnya,” katanya sambil tertawa. “Yang kedua kalau sudah di dalam pesawat jarang-jarang komplain,” tambahnya.

Dengan adanya izin untuk membawa barang di kabin penumpang, maskapai pelat merah tersebut dapat lebih fokus dan leluasa untuk menjalankan bisnis kargo. “Kita mendapatkan izin meletakkan barang di atas kursi pesawat, selama beratnya tidak lebih dari 70 kg. Kalau lebih dari 70 kg akan merusak kursi,” katanya. Pengembangan bisnis kargo tersebut terefleksikan dengan meningkatnya jadwal penerbangan khusus pengiriman barang. Saat ini, Garuda melayani lebih dari 10 penerbangan khusus kargo setiap harinya. “Sebelumnya enggak ada,” ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s