Survei: Pemulihan Penerbangan Global Bisa Makan Waktu 3 Tahun

Ilustrasi
Ilustrasi kabin pesawat terbang. (dok. pexels.com/Sourav)

Liputan6.com, Jakarta – Industri penerbangan jadi salah satu yang harus menanggung beban berat akibat corona COVID-19. Sebuah survei pun dilakukan untuk mengetahui sampai kapan pemulihan penerbangan global akan berlangsung.

“Pemulihan maskapai penerbangan secara global akan berlangsung hingga tiga tahun,” komentar dari jajak pendapat dari FlightPlan: Charting a Course into the Future, seperti dikutip dari The Thaiger, Sabtu (25/7/2020).

Survei itu menanyakan kepada 500 profesional di seluruh dunia tentang kemungkinan pemulihan industri penerbangan global. Terlepas dari prediksi mengerikan dari pemulihan yang lambat selama tiga tahun ke depan, ada juga rasa optimisme ketika industri melihat analisis data, AI dan IoT untuk mendorong pemulihan.

Sebanyak 60 persen responden mengharapkan pemulihan antara 18 bulan hingga tiga tahun, sedangkan 85 persen memperkirakan perjalanan domestik akan pulih lebih cepat daripada perjalanan internasional. Sementara  70 persen responden mengharapkan perjalanan point-to-point akan bangkit kembali lebih cepat dan hanya  7 persen percaya bahwa pemerintah telah melakukan cukup seragam untuk mendukung industri penerbangan.

Selain itu, sebanyak  57 persen mengatakan bahwa “katering tanpa kontak” adalah masalah penting selama periode pemulihan, sedangkan 88 persen responden memperkirakan perputaran yang lebih lambat antara penerbangan karena “pembersihan mendalam” sekarang diperlukan, yang dapat memiliki dampak signifikan pada jadwal penerbangan.

Ada 44 persen responden mengatakan mereka berharap melihat kursi tengah kosong sebagai fitur standar dari perjalanan penumpang dalam beberapa bulan mendatang, meskipun sudah ada panduan yang diberikan oleh IATA pada Mei 2020.

Link: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4314827/survei-pemulihan-penerbangan-global-bisa-makan-waktu-3-tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s