Demi Bertahan Hidup, Maskapai Penerbangan Jualan Lewat Siaran Langsung

Demi Bertahan Hidup, Maskapai Penerbangan Jualan Lewat Siaran Langsung
Seorang pramugari sedang melakukan sesi livestreaming di dalam pesawat. [China Daily]

Suara.com – Maskapai penerbangan di China berjuang melawan krisis akibat pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan pasar livestreaming bernilai miliaran dolar.

Menyadur Asia One, melalui livestreaming di berbagai platform, maskapai dapat menjual produk bernilai ekstra seperti kupon dan paket tiket penerbangan untuk meningkatkan pendapatan tambahan mereka.

Selain itu, maskapai juga dapat mempromosikan merek mereka, menawarkan fitur layanan, dan berinteraksi dengan pemirsa. Ini adalah jalan yang perlu ditelusuri lebih jauh, kata seorang pakar industri China.

“Melakukan sesi siaran langsung dapat membantu maskapai menarik lebih banyak perhatian dan mempromosikan layanan mereka. Sangat cocok bagi maskapai untuk melakukan sesi seperti itu, dan masih ada potensi pertumbuhan,” kata Lin Zhijie, seorang analis industri penerbangan dan kolumnis di Carnoc, salah satu dari Situs web penerbangan sipil terbesar di Tiongkok.

Sichuan Airlines melakukan audisi untuk memilih pembawa acara di antara lebih dari 1.000 kandidat untuk sesi livestreamingnya.

Biasanya, pramugari tampil menarik cantik saat penerbangan dan mampu melayani penumpang dengan baik, serta tanggap dalam kondisi darurat. Namun kali ini, mereka perlu bersaing dalam hal ekspresi, daya tarik, tampilan, dan menguasai produk untuk menjadi pembawa acara.

Shenzhen Airlines mengadakan livestreaming di Fliggy, cabang agen perjalanan online dari Alibaba Group. Mereka menjual kupon penerbangan kelas bisnis dan pembawa acara bepergian ke Jingdezhen di provinsi Jiangxi Cina Timur untuk memamerkan pemandangan indah di sana.

Pada bulan Mei, Shenzhen Airlines meluncurkan sesi siaran langsung pertamanya. Selama siaran tersebut, mereka menjual lebih dari 1.500 unit produk yang berbeda dan mendapatkan omset sebesar 150.000 yuan (Rp 31,3 juta).

Setelah beberapa sesi siaran langsung, toko flagship online-nya di Fliggy berhasil menarik setidaknya 52.000 penggemar untuk mengikutinya, ketika sebagian besar toko online operator lain hanya memiliki penggemar di bawah 5.000.

“Ketika operator menunjukkan pemandangan indah dari pantai, lembah atau kota kuno melalui sesi siaran langsung, itu dapat merangsang keinginan konsumen untuk bepergian dan dengan demikian menciptakan pembelian tiket pesawat. Mereka dapat menjual tiket dengan keuntungan kecil tetapi pergantian cepat,” jelas Lin.

“Langkah seperti itu adalah eksplorasi metode pemasaran baru. Beberapa perusahaan memiliki keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru, sementara yang lain bisa relatif konservatif,” katanya.

Tahun lalu, beberapa maskapai penerbangan domestik mulai melakukan beberapa sesi livestreaming, tetapi kebanyakan dari mereka menyewa pembawa acara dari pihak ketiga dan staf penjualan mereka sendiri hanya membantu.

Sekarang, pihak maskapai sudah melatih pramugari mereka sendiri untuk menjadi pembawa acara, dan menjual lebih banyak produk yang beragam di depan webcam. Selanjutnya, Fliggy mengatakan akan membantu maskapai menormalkan sesi siaran langsung mereka secara teratur.

Spring Airlines, maskapai penerbangan bertarif murah yang berbasis di Shanghai, maskapai domestik pertama yang bergabung dengan metode penjualan livestreaming, telah mengadakan setidaknya 16 sesi pada tahun ini dan menarik jumlah penonton lebih dari 30 juta orang.

Pada akhir April, Presiden Wang Yu menjadi pembawa acara eksekutif pertama di antara perusahaan penerbangan domestik yang mengadakan sesi livestreaming.

Kemudian, Spring mengundang seorang eksekutif yang bertanggung jawab atas beberapa departemen untuk bergabung dan berinteraksi dengan pemirsa tentang berbagai topik.

“Kami ingin menjadikan siaran langsung sebagai cara utama untuk mempromosikan merek dan terus melakukan sesi seperti itu, sehingga semakin menarik lebih banyak pelancong potensial,” kata Zhang Wu’an, juru bicara dari Spring Airlines.

Juneyao Airlines, maskapai swasta yang berbasis di Shanghai, juga sudah mengadakan empat sesi siaran langsung pada awal Juli.

Link: https://www.suara.com/news/2020/07/29/223755/demi-bertahan-hidup-maskapai-penerbangan-jualan-lewat-siaran-langsung

One thought on “Demi Bertahan Hidup, Maskapai Penerbangan Jualan Lewat Siaran Langsung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s