Demi Genjot Penumpang, Maskapai Eropa Banting Harga Tiket!

FILE PHOTO: A Ryanair Boeing 737-800 passenger jet takes off in Colomiers near Toulouse, France, October 19, 2017. REUTERS/Regis Duvignau/File Photo
Foto: REUTERS/Regis Duvignau

Jakarta, CNBC Indonesia – Pandemi Covid-19 membuat industri penerbangan benar-benar kalang kabut. Kali ini, giliran maskapai penerbangan Eropa ramai-ramai banting harga tiket demi menggaet penumpang untuk terbang.

Pembatasan perjalanan yang diadopsi oleh banyak negara untuk membendung penyebaran Covid-19 telah mengganggu maskapai penerbangan, membuat lalu lintas udara hampir terhenti di musim semi. Meski lalu lintas sempat meningkat selama musim panas, sekarang terjadi penurunan lagi.

Menurut Eurocontrol, yang mengkoordinasikan lalu lintas udara di Eropa, lalu lintas telah melambat selama beberapa minggu terakhir, dan sekarang 54% di bawah tingkat yang sebanding tahun lalu. Asosiasi Maskapai Penerbangan Eropa telah memproyeksikan lalu lintas Agustus lebih rendah, hanya 30% dari level 2019.

Eurocontrol sekarang lebih pesimis tentang pemulihan sektor ini. Pada musim semi diharapkan lalu lintas menjadi 30% di bawah level 2019 pada bulan Oktober, tetapi sekarang terlihat penurunan 57%.

Hal ini membuat maskapai penerbangan kekurangan uang, sehingga mereka mulai memangkas harga tiket. Menurut ForwardKeys, perusahaan yang menganalisis pasar pariwisata, maskapai penerbangan memangkas tarif dari Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda ke tujuan di Eropa selatan sebesar 15% pada Agustus dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis Kamis, ditemukan bahwa harga di beberapa rute turun lebih dari sepertiga.

“Anda harus membujuk para pelancong untuk kembali terbang dan harga adalah faktor utamanya,” kata Reginald Otten, wakil direktur pelaksana untuk Prancis di maskapai murah easyJet, sebagaimana dilaporkan AFP pada Minggu (27/9/2020).

Dia mengatakan maskapai telah berhasil membuka kembali beberapa rute selama musim panas dan hampir semua pesawat diterbangkannya.

“Tapi kami tetap memiliki sekitar 30% dari kapasitas, yang merupakan angka yang sangat, sangat rendah, dan musim panas adalah (waktu) yang paling penting, paling populer bagi orang untuk bepergian,” katanya kepada AFP.

Harga yang lebih rendah juga mendorong lalu lintas, menurut Eddie Wilson, kepala Ryanair DAC, salah satu dari dua perusahaan yang mengoperasikan penerbangan dengan merek Ryanair.

Ryanair, yang telah menggunakan model berbiaya rendah untuk menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Eropa, minggu ini meluncurkan promosi singkat beli satu gratis satu.

“Pada tahap tertentu Anda tidak bisa duduk di sana dan melihat ke luar jendela dan berharap semuanya akan baik-baik saja dan menunggu politisi melakukan sesuatu,” katanya.

Selain memotong harga, maskapai penerbangan dapat dan berfokus pada rute yang paling menguntungkan. Tetapi pemberlakuan ulang pembatasan perjalanan dan karantina yang lebih ketat serta langkah-langkah pengujian dapat dengan cepat membatalkan perencanaan dan upaya mereka.

Maskapai penerbangan Eropa awal bulan ini mendesak ibu kota nasional untuk mengoordinasikan langkah-langkah untuk membatasi penyebaran virus, mengatakan tambal sulam pembatasan saat ini tertatih-tatih untuk kembali ke perjalanan reguler di sekitar UE.

Maskapai menanggapi penurunan permintaan perjalanan “dengan alat yang mereka miliki: mengurangi kapasitas dan penawaran promosi, tetapi mereka tidak memiliki kendali atas evolusi pandemi dan kebijakan untuk membatasi perjalanan,” kata Oliver Ponti, wakil presiden ForwardKeys.

“Dengan demikian, dampak dari harga rendah akan terbatas, terutama karena konsumen tetap khawatir rencana mereka akan terganggu dan penggantian tiket yang cepat jika terjadi pembatalan,” tambahnya.

Link: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200927131312-4-189775/demi-genjot-penumpang-maskapai-eropa-banting-harga-tiket

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s